Tips Dasar Mendaki Gunung

tips mendaki gunung

Di jaman sekarang ini mendaki gunung bukanlah sebuah hal yang menyeramkan lagi seperti dulu, semenjak banyak beredarnya film dokumenter tentang perjalanan mendaki gunung banyak orang yang sekarang gemar berkegiatan mendaki gunung, tetapi sebelum melakukan pendakian ada beberapa tips yang dikutip https://betwin188.online/ agar dapat menagantisipasi hal yang tidak diinginkan saat melakukan pendakian, dan berikut penjelasan singkat tentang mendaki gunung.

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang memerlukan energi dan tenaga yang cukup banyak, maka dari itu sebaikya sebelum mendaki gunung sahabat hiking harus mempersiapkan semuanya dengan matang. Mungkin sudah banyak diluar sana beredar artikel – artikel yang membahas tentang tips aman mendaki gunung, ijinkan pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi informasi yang pernah saya alami bersama teman – teman pada saat akan mendaki gunung Pulosari yang berketinggian 1346 meter di atas permukaan laut yang berada di Pandeglang – Banten

Berikut ini tips aman mendaki gunung :

 

  1. Tentukan Waktu dan Tujuan Pendakian

Sebelum mendaki gunung hendaknya sahabat hiking diskusikan dulu dengan teman – teman kapan akan mendaki dan gunung mana yang akan didaki. Sering kali soal waktu yang menjadi kendala kecil, karena disibukkan dengan aktivitas masing – masing.

 

  1. Kenali Jalur Pendakian

Untuk mendaki gunung, nyawa tentunya tetap yang utama. Kalau ingin mendaki sebuah gunung coba sahabat hiking kenali dulu jalur pendakian gunung tersebut apakah aman atau tidak? Mengenali jalur pendakian sangat penting karena sahabat hiking akan mendapat bayangan track mana saja yang akan kamu tempuh.

 

  1. Bawa GuideBerpengalaman

Untuk urusan mendaki gunung sebaiknya kita membawa guide. Pada pendakian gunung Hauk kami mengajak teman yang sudah pernah mendaki sebelumnya, hal ini dilakukan karena menguangi resiko kita tersesat pada saat pendakian.

 

  1. Olahraga

Saat mendaki banyak tenaga yang diperlukan tubuh, dengan berolahraga sahabat hiking bisa mempersiapkan tenaga untuk medan yang tidak biasa. Dalam mendaki gunung, ingatlah bahwa semakin tinggi lokasi, semakin tipis oksigen yang tersedia.

 

  1. Bawa Barang Bawaan Yang Benar

Sahabat hiking, masalah ini juga jangan disepelekan. Untuk mendaki gunung sahabat hiking harus benar-benar menyiapkan peralatan yang memang digunakan untuk naik gunung. Sebut saja tas gunung, sepatu atau sandal gunung, jaket, obat-obatan, senter dan juga bahan makanan yang cukup. Banyak pendaki yang kadang menyepelekan hal-hal kecil sehingga menjadi masalah yang besar ketika berada di medan pendakian. Jangan membawa barang yang tidak diperlukan, karena itu bisa menambah berat beban pada tas dan akan menghambat perjalanan sahabat hiking.

 

  1. Disiplin dan Jaga tingkah Laku

Pada saat pendakian usahakan harus saling bersama, jangan sampai ada yang terpisah. Percaya tidak percaya, gunung merupakan tempat yang kramat dan sakral. Karena itu kita tidak boleh berperilaku sembarangan. Makanya tidak heran banyak cerita-cerita mistis dari teman-teman kita yang mendaki gunung. Ada yang kesurupan, tersasar atau bertemua mahkluk dari dunia lain. Itulah kenapa kita harus menjaga perilaku kita, tutur kata dan juga perbuatan. Anggap saja kita sedang bertamu ke rumah orang, bukankah kita harus sopan dan tidak boleh sembarangan?

 

  1. Berdoa

Sahabat hiking jangan melupakan hal ini juga, kadang kita lupa untuk berdoa. Sebelum mendaki sahabat hiking wajib berdoa menurut kepercayaan masing – masing, agar dalam perjalanan semuannya aman dan lancar.

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat hiking semuanya, apabila ada saran atau pendapat lain dipersilahkan. Tips terakhir selamat mendaki gunung dan berhati – hati selalu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *