5 Tips Bagi Mahasiswa Baru Di Minggu Awal Kuliah

tips mahasiswa baru
tips mahasiswa baru
tips mahasiswa baru

Menurut pokertiam tak terasa mula semester doktrin baru untuk anak kuliahan bakal segera dimulai. Khususnya untuk kamu mahasiswa baru (maba) yang bakal menjalani masa perkuliahan sebentar lagi. Setelah melalui sekian banyak perjalanan panjang dari mulai susunan ulang, mengekor ospek, dan lainnya, kini anda akan mengawali babak baru dalam perjalanan kehidupan ini. Berikut tips untuk kalian semua maba di minggu mula kalian kuliah.

1. Ciptakan kelaziman positif
Yup, semenjak hari kesatu anda harus dapat menciptakan kelaziman positif guna diri kamu. Ada baiknya mulai membudayakan diri guna tidakistirahat larut malam supaya pada pagi hari tubuh terasa fresh dandapat beraktifitas dengan semangat sebab sudah mempunyai jam istirahat yang cukup. Lalu tidak boleh pernah sepelekan SARAPAN. Melalui sarapanlah energi anda di pagi hari terkumpul dan menjadi “penendang” benak untuk mulai bekerja. Pokoknya, biasakanlah membuat kegiatan-kegiatan positif yang diulang terus-menerus supaya lama-lama menjadi kebiasan yang positif juga.

2. Cek jadwal kuliah dengan teliti
Tentunya untuk kalian semua maba, pekerjaan akademik masih adalahprioritas utama, kan? Maka dari tersebut pasti kalian nggakinginkan dong kalo baru hari kesatu aja telah telat masuk kelas, salah masuk kelas, atau bahkan skip kelas. Nah, kalau hendak terhindar dari hal-hal itu, betapa lebih baik bila kamu selalu memeriksa jadwal kuliah semenjak malam sebelumnya. Jangan hingga nama anda jadi jelek di depan dosen, ya!

3. Kenali lingkungan selama kampus
Tempat makan, lokasi nongkrong, lokasi print dan fotocopy, dan sekian banyak tempat lainnya harus anda ketahui, nih. Mumpung masih mula kuliah, pekerjaan perkuliahan tentu belum padat. Nah, masa-masa luang ini dapat kamu manfaatin guna mengenali lingkungan di dekat kampusmu. Kedepannya dijamin akan banyak membantu anda untuk keperluan selama di kampus, jadi anda nggak bakal buang-buang masa-masa lagi untukmenggali tempat yang inginkan dituju. Apalagi andai kamu jadi langganan dan kenal sama yang punya, siapa tau bisa diskon, kan?

4. Pilih pergaulan
Tak dapat dipungkiri bahwa dunia perkuliahan bakal membuka mata anda akan lingkungan masyarakat luas. Kamu bakal bertemu dengan sekian banyak macam tipe orang dengan sifat dan perilaku yang berbeda. Maka dari itu,mula pendewasaan diri akan dibuka di sini. Tentu tidak terdapat salahnya guna mengenal dan sebatas berteman dengan siapa saja, tetapi teman pergaulanlah yang mesti anda pilih. Jika anda pandai memilihrekan pergaulan, maka kehidupan perkuliahanmu bakal berjalan seru. Jangan hingga terjerumus ke hal-hal yang nantinya malah akan merugikan kamu, ya!

5. Minta restu orang tua
Yang terakhir ini klise, sih. Hmm, namun yang namanya restu orangtua emang pelancar guna jalan anda kedepannya, lagipula dari ibu. Usahakantidak jarang kali memberi kabar dan berkontak dengan orangtua kamu,lagipula bagi kalian semua perantau. Jangan hanya kontak andai uang bulanan habis, ya. Intinya, dengan doa dari orangtua dan doa anda sendiritentu kehidupan perkuliahan kamu, baik dari segi akademis maupun pergaulan bakal berjalan dengan baik.

Itulah sejumlah tips yang dapat dilakukan ketika masih menjadi mahasiswa baru. Dunia perkuliahan memang seru, tapi anda dituntut guna bertanggungjawab dengan diri anda masing-masing. Selama anda melakukan hal-hal positif sebagai mahasiswa dan menjadi mahasiswa aktif, gelar sarjana akan anda dapat tidak dalam masa-masa lama. Selamat melintasi semester awal! Selalu uptodate segala sesuatu informasi yang terdapat dilokasi perkuliahan nya pun ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *